Bupati Gorut Ingatkan Sinergitas antara BPD dan Pemerintah Desa

205
0

GORUT CERIA: Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin, kembali mengingatkan sinergitas antara lembaga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan pemerintah desa sangat penting.

Menurut Bupati dua periode itu, kolaborasi kedua lembaga ini tidak lain untuk mewujudkan program – program pembangunan desa yang berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Nah, sehingga kedua lembaga ini harus bersinergi. Kalau kedua lemba ini saling menjatuhkan, maka semua program yang dijalankan ditingkat desa tidak dapat terwujud dengan baik,” ungkap Bupati Indra Yasin, saat melakukan peninjauan pelaksanaan pemilihan BPD, di Kecamatan Kwandang dan Tomilito Minggu, (30/05/2021).

Lebih lanjut kata Indra BPD adalah salah lembaga yang memiliki beberapa fungsi diantaranya, membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa. Selain itu menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

“Sehingga saya tegaskan anggota BPD harus mampu memahami peraturan perundang – undangan yang berlaku sesuai tugas pokok fungsi dalam melayani masyarakat untuk perkembangan desa,” jelasnya.

Selain itu juga Indra mengingatkan agar anggota BPD dan kepala desa untuk memaksimalkan penggunaan anggaran Dana Desa (DD) dalam mewujudkan program pembangunan di desa.

“Apalagi BPD adalah wakil rakyat di desa, sehingga apa yang menjadi rumusan startegis pembangunan melalui DD harus disepakati bersama,” tuturnya.

Iapun berharap baik kepada anggota BPD terpilih maupun yang sudah menjalankan tugas bisa menjadi mitra dengan pemerintah desa untuk mewujudkan kemajuan desa itu sendiri.(Miton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here