Banjir Hoaks di Medsos, AMSI Gorontalo Akan Gelar Pelatihan Cek Fakta

81
0

GORONTALO (barometernewsgo.com) – Membanjirnya informasi hoaks di media sosial disikapi oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) wilayah Provinsi Gorontalo dengan menggelar pelatihan Cek Fakta, Senin 16 November 2020.

Pelatihan ini dibutuhkan agar publik mendapatkan konten yang sehat. Selain itu, melalui pelatihan ini, peserta dapat melakukan verifikasi secara mandiri terhadap informasi yang beredar di media sosial maupun platform berbasis internet.

Ketua Umum AMSI Pusat Wenseslaus Manggut, pelatihan cek fakta penting karena beberapa alasan di antaranya untuk memberantas hoaks.

Ia menyebut, selama ini, hoaks sering kali menumpang saat ada peristiwa besar. Dan saat ini masyarakat sedang berada dalam dua peristiwa besar yaitu pandemi COVID-19 dan akan melalui Pilkada Serentak 2020.

Wens menegaskan, tugas media adalah menjadi “clearing house”, rumah bagi publik untuk mencari jawaban atas informasi yang diragukan kebenarannya, dan di situlah pentingnya wartawan memahami cara kerja cek fakta.

Sementara itu, Ketua AMSI Wilayah Gorontalo, Verrianto Madjowa, mengatakan, peserta pelatihan Cek Fakta di Gorontalo dibuka untuk kalangan jurnalis maupun mahasiswa.

Tak hanya itu, peserta pelatihan Cek Fakta juga dibuka untuk staf Humas KPU Provinsi dan Bawaslu Provinsi se Gorontalo, serta kalangan organisasi non pemerintah (LSM).

Pelatihan akan berlangsung secara online, dengan melibatkan trainer dari AMSI pusat. Pelatihan ini akan berlangsung satu hari, mulai pagi hingga sore hari.

Lokasi pelatihan untuk mahasiswa dan reporter akan berlangsung di Ballroom Hotel Damhill Gorontalo, kompleks kampus Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan dari kantor redaksi maupun di rumah masing-masing peserta.

“Mahasiswa yang berdomisili di Pohuwato atau Gorontalo Utara yang tertarik untuk pembekalan Cek Fakta dapat mendaftar dan mengikuti secara online, tanpa harus ke Kota Gorontalo. Trainer juga berada di Jakarta dan akan menyampaikan materi secara daring,” tutup Verrianto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here