Sidak di Dambalo dan Kota Jin Utara, Ini Harapan Wabup Thariq Modanggu

170
0

GORUT CERIA (barometernewsgo.com)-Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu dalam 2 hari terakhir ini, Senin-Selasa (12-13/10) melakukan kunjungan atau monitoring dalam bentuk Inspeksi Mendadak (Sidak) di 2 Desa, yakni Desa Dambalo Kec. Tomilito dan Desa Kota Jin Utara Kec. Atinggola.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk melihat secara lansgung kesiapan perangkat pemerintahan desa dalam menyelenggarakan administrasi pemerintahan Desa , termasuk mengecek langsung, sejauh mana pengelolaan administrasi di Badan Usaha Miliki Desa (Bumdes) sesuai Permendagri Nomor 46 tahun 2017.

Dalam hasil kunjungannya kali ini, Wabup mengatakan, terdapat beberapa aspek penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa yang sudah layak untuk diapresiasi, namun ada juga beberapa catatan yang perlu dibenahi ke depan.

Yang menarik menurut Deklarator Kab. Gorontalo Utara ini, Desa Dambalo dan Desa Kota Jin Utara termasuk 2 desa di Gorontalo Utara yang memiliki potensi wisata yang cukup prospektif yang dikelola oleh Bumdes, yakni destinasi wisata Botu Didingga di Dambalo dan Pantai Minanga di Kota Jin Utara.

Karena menggunakan dana desa, Wabup mengharapkan agar Bumdes yang ada di Gorontalo Utara dan dipercaya mengembangkan potensi wisata desa, benar-benar menunjukkan kinerja yang profesional, produktif dan akuntabel, agar destinasi wisata yang ada dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, juga lingkungan yang tetap dipelihara dan dijaga dengan baik. “Kami berharap desa-desa yang mengembangkan potensi wisata apalagi menggunakan dana desa dikelola secara profesional, produktif dan akuntabel” harapnya.

Dijelaskannya. Dalam pengelolaan potensi pariwisata, menurut Thariq Modanggu, terdapat 3 aspek keseimbangan yang harus dijaga keberlangsungannya, yakni aspek ekonomi, sosial dan ekologi yang patut mendapatkan perhatian dari para pengelola termasuk pihak Bumdes. “3 aspek itu yang harus dijaga yang patut mendapat perhatian”tandasnya. (Miton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here