IBAS, Spirit Baru Advokat Pohuwato

316
0

GORONTALO (barometernewsgo.com) – Ismail Abas, aktivis Anti narkoba di Kabupaten Pohuwato ini kini resmi menyandang profesi sebagai Advokat. Pelantikan dan pengambilan sumpah Advokat ini dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Negeri Gorontalo, Nugroho Setiadji, Rabu (30/9/2020), di Ruang sidang PTN.

Ismail yang dikenal dengan sapaan Ibas ini merupakan Advokat jebolan Kongres Advokat Indonesia (KAI) Gorontalo. Ia ikut Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) sejak November 2019. Dan dinyatakan lulus setelah mengikuti Ujian Kompetensi Dasar Profesi Advokat (UKDPA) di organisasi besutan Adv.H. Tjoetjoe Sandjaya Hernanto, SH, MH, CLA,CIL, CLI, CRA.

Kepada awak media ini, Ibas mengaku bersyukur bisa disumpah dan berhasil menyandang profesi Advokat. Baginya, profesi ini sangat mulia dan terhormat, sehingga perlu menjaga dan memanfaatkannya untuk kepentingan pendampingan hukum bagi mereka yang memerlukannya.

“Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT atas anugerah ini. Karena profesi Advokat ini sangat mulia dan terhormat, doakan Insyaallah saya mampu menjaganya,” ucapnya.

Dengan profesi barunya ini, Ibas bertekad ingin konsen menjadi pengacara rakyat. Memberi bantuan hukum bagi warga yang tidak memiliki kemampuan untuk membayar penasehat hukum dalam berperkara. “Saya ingin mendedikasikan profesi ini kepada mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk membayar pengacara dalam pendampingan hukum. Insya Allah berkah.. Amin,” imbuhnya.

“Sebagai Advokat baru, tentunya, saya masih harus terus belajar dan menimbah ilmu dari para pengacara senior. Agar bisa menjadi Advokat sebagaimana harapan banyak orang,” tambah Ibas.

Secara khusus, Ibas tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pohuwato, H. Syarief Mbuinga yang telah memberikan atensi dalam bentuk ucapan selamat lewat karangan bunga atas profesi barunya.

“Saya merasa bahagia dapat atensi ucapan selamat dari Pak Bupati Syarif Mbuinga. Bagi saya ini sebuah hadiah istimewa dan menjadi spirit yang akan memantik diri ini untuk sungguh-sungguh mencintai profesi sebagai Advokat,” pungkas Ibas mengakhiri.

Sebelum dilakukan penyumpahan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Negeri, sebanyak 14 Advokat muda dilakukan pelantikan oleh Ketua DPD KAI Provinsi Gorontalo, Suslianto. Disaksikan sejumlah pengurus KAI. Prosesi pelantikan berlangsung hikmad. Satu persatu para Advokat ini mencium bendera Merah Putih, dilanjutkan denga pengalungab Kartu Anggota KAI.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here