Mengenal Dusun Tumba, Wilayah Terpencil di Kabgor yang Sarat Potensi

441
0

GORONTALO GEMILANG (barometernewsgo.com)-Anda boleh jadi tidak tahu dan belum pernah mendengar Dusun Tumba. Dusun terpencil yang terletak di Desa Tamaila Utara, Kecamatan Tolangogula, Kabupaten Gorontalo ini mendapat kesempatan memperkenalkan inovasi pembangkit listrik melalui air atau picohydro pada Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang disaksikan oleh Wapres RI Ma’ruf Amin dan beberapa menteri serta pejabat lainnya.

Untuk sampai ke Dusun Tumba harus menaiki ojek dengan medan terjal sekitar 15 km.

Namun, bagi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengunjungi desa terpencil bukanlah suatu hal yang baru. Sebab, Nelson juga merupakan anak yang pernah tumbuh di desa terpencil.

Akses jalan yang rusak berat tak menjadi kendala agar Nelson bisa bertemu dengan warga di Dusun Tumba.

“Luar biasa Tumba adalah Tumba yang hari ini terkenal dan sudah dialiri listrik. Ini beda dengan Tumba waktu yang lalu. Sebelum bupati saya ke sini 5 tahun lalu, memang menjadi problem kita di sini jalan,” kata Nelson, Senin (10/8).

Ia mengatakan sengaja tidak melakukan perbaikan jalan karena ingin memperbaiki SDM masyarakat desa terlebih dahulu agar tidak terjadi kerusakan lingkungan di masa depan.

Nelson juga mendorong agar desa ini bisa fokus mengembangkan pertanian organik dan melakukan inovasi pengolahan dengan bantuan pendampingan dari UNG.

“Paling penting bagaimana ke depan, pertama kami ingin desa ini menjadi pusat pertanian organik. Tidak ada pakai kimia pakai organik,” ujar dia.

Selain itu, Nelson juga mendorong pengembangan pariwisata air terjun di Dusun Tumba yang sangat potensial ketika akses jalan nanti sudah diperbaiki.

Kemudian, Nelson juga mengangkat 2 orang guru honorer untuk mengabdi di Dusun Tumba.

Terakhir, Nelson berjanji perbaikan jalan menuju Dusun Tumba akan segera dilakukan.

“Tahun depan kolaborasi dengan PUPR karena ini kurleb mulai tahun ini 7,5 miliar sudah mengarah ke sini karena ini wilayah hutan akan kita ubah Alokasi Peruntukan Lain, mudah mudahan jalan,” pungkasnya.(HT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here