Aplikasi Siskeudes Permudah Pengelolaan Keuangan Desa

542
0

BOALEMO DAMAI (barometernewsgo.com)-Aplikasi Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes) merupakan aplikasi yang dapat mempermudah pengelelolaan keuangan desa serta pelaporan keuangan. Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Boalemo, Ulkia Kiu.

“Dengan adanya aplikasi Siskeudes, kami yakin pengelolaan keuangan desa dapat terkontrol. Selain itu juga aplikasi tersebut dapat mempermudah pelaporan keuangan desa,” kata Ulkia, pada kegiatan Coaching Clinic Penginputan APBDes, di Aula BPKP, Senin (17/2/2020).

Dirinya menjelaskan, dimudahkan pengelolaan keuangan dan pelaporan, dikarenakan aplikasi tersebut memuat tahapan perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban. Sehingga dengan menggunakan aplikasi Siskeudes menghemat anggran. Karena tak banyak menggunakan kertas.

“Intinya apalikasi Siskeudes merupakan upaya BPKP untuk lebih memudahkan desa dalam pembuatan peraturan APBDes dan perwujudan pengelolaan keuangan yang tertata rapi,” terang Ulkia.

Ia manambahkan, sejak 2017 hingga 2020 seluruh desa di Kabupaten Boalemo telah menggunakan aplikasi Siskeudes. Selain itu, data Kabupaten Boalemo merupakan satu-satunya di wilayah Provinsi Gorontalo apalikasi Siskeudes terkoneksi denganaplikasi Omspan.

“Kami mengharapkan adanya kerjasama antar desa dan pemerintah dalam menjalankan sistem keuangan ini,” tutup Ulkia.(Adv)

Pewarta : Apri Y. Adam

Editor : Opin Ocha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here