Asisten II Boalemo Apresiasi Deklarasi BABS dan STBM di Kecamatan Paguyaman Pantai

509
0

BOALEMO DAMAI (barometernewsgo.com)-Asisten II Bidang Pembangunan Setda Kabupaten Boalemo Roswita Manto mewakili Bupati Boalemo Darwis Moridu menghadiri deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) serta deklarasi 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) bertempat di Desa Olibuu Kecamatan Paguyaman Pantai. Kamis (16/2/2020).

Kegiatan Deklarasi ini di hadiri Kadis kesehatan Alimudin, koordinator Fasilitator Program Pamsimas Provinsi Gorontalo, Camat Paguyaman Pantai Steve Ahaliki, juga kepala desa se-Kecamatan Paguyaman Pantai dan Masyarakat.

Mewakili Bupati Darwis Moridu, Asisten II Roswita Manto menyampaika bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo memberikan apresiasi yang sebesar besarnya kepada pemerintah desa dan kecamatan paguyaman pantai dan masyarakat sekitar yang telah antusias mengadakan kegiatan ini.

Munurutnya kegiatan ini mendorong seluruh 14 program yang telah di canangkan oleh Pemerintah Daerah yaitu Bupati Darwis Moridu dan Wabup Anas Yusuf.

Roswita Manto juga mengungkapkan bahwa Bupati Boalemo Darwis Moridu yang berisi bahwa deklarasi 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan salah satu upaya untuk memberikan contoh dan memicu desa lain yang ada di Kabupaten Boalemo dalam mewujudkan desa Stop Buang Air Besar Semabarangan dan desa 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

“Untuk itu, perlu kita ketahui bersama bahwa pembangunan kesehatan pada hakekatnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran,kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat, “pungkas Roswita Manto.

Rosita menambahkan, dengan mewujudkan 5 pilar Sanitasi Total Berbasis masyarakat ini maka tidak mudah untuk mewujudkannya, karena butuh kesiapan mental dan spritual sebagai bukti desa Olibuu mencapai desa stop Buang Air Besar Sembarangan.

Olehnya Ia menghimbau kepada pak camat dan Kepala Dinas Kesehatan juga kepala puskesmas agar bersinergi untuk mewujudkan deklarasi Dusun Stop Buang Air Besar Sembarangan melalui kepala dusun di masing masing desanya, “kata Asisten II Setda Boalemo.(AA/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here