Kerjasama NSLIC Canada, Pemkab Boalemo Gagas Majelis Ekonomi Daerah

463
0

BOALEMO DAMAI (barometernewsgo.com) – Dalam rangka pengembangan ekonomi kerakyatan, Pemerintah Kab. Boalemo menggagas dan membentuk Majelis Ekonomi Daerah bekerja sama dengan National Support for Local Investment Climates (NSLIC) Canada yang terbentuk melalui Rapat Kerja yang dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kab. Boalemo dan Koordinator Wilayah NSLIC Gorontalo, di Hotel Grand Amalia, Kamis (28/11) lalu.

Kepala Bappeda Kab. Boalemo Rusdin Aminu pada kesempatan itu menjelaskan, potensi Sumber Daya Alam (SDA) Boalemo yang begitu besar, ke depan masih patut didorong dan ditingkatkan agar lebih maksimal lagi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Meski selama ini potensi SDA seperti Pertanian dan Kelautan telah berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), yakni sekitar 50 persen, namun hal itu masih harus dioptimalkan lagi bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah.

Oleh karena itu, kehadiran Majelis Ekonomi Daerah, ungkap Rusdin Aminu sangat penting dan strategis dalam menggalang komitmen serta  daya kreatifitas seluruh elemen, khususnya OPD di Kab. Boalemo dalam menggerakkan perekonomian dan investasi di daerah. Sektor yang paling penting untuk  terus dimaksimalkan ke depan, diantaranya sektor pertanian, kelautan dan potensi SDA lainnya yang dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat.

Mengutip data dari Biro Pusat Statistik (BPS) yang telah ditelaah oleh Bappeda Kab. Boalemo,  Rusdin Aminu  menjelaskan, dari 100 orang yang bekerja di daerah ini menanggung beban 80 orang yang tidak bekerja. Hal itu menunjukkan bahwa ke depan, sektor produksi masih harus ditingkatkan lagi agar bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan peningkatan investasi di daerah.

Diharapkannya, Rapat Kerja Majelis Ekonomi Daerah ini dapat menghasilkan rekomendasi yang menjadi acuan dalam dalam rencana aksi majelis  ke depan.

Pemerintah Kab. Boalemo tambahnya, juga telah menggagas terbentuknya Boalemo Bussines Centre (BBC)  melalui Rumah Boalemo Bisnis Centre  yang bertujuan untuk memfasilitasi para pelaku usaha di Boalemo dalam memasarkan produk-produk yang dihasilkan dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui  pengembangan Aplikasi IT. Dengan begitu diharapkan, produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha dapat tembus hingga ke mancanegara. BBC ini urai Rusdin Aminu juga melibatkan para relawan ekonomi dari berbagai elemen.

Di bagian lain,  Rusdin Aminu menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Koordinator NSLIC wilayah Gorontalio  dan pihak lain yang telah turut membantu dan  memfasilitasi terbentuknya Majelis Ekonomi Daerah Boalemo yang diharapkan dapat segera berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan potensi SDA yang ada di Kab. Boalemo.

Sementara itu, Koordinator  NSLIC Provinsi Gorontalo,  Afridon Djaini menjelaskan, untuk meningkatkan perekonomian daerah agar mengalami perkembangan yang pesat, Pemerintah  harus membuka ruang yang besar kepada para pemuda, Media Massa, LSM dan elemen lainnya sebagai relawan ekonomi. Untuk menunjang hal itu, dibutuhkan fasilitas penunjang agar pelibatan seluruh elemen tersebut benar-benar  berdaya guna dan berhasil guna.

Ia juga menjelaskan, Majelis Ekonomi Daerah ke depan, harus lebih fokus pada sektor pertanian,dan kelautan dengan terlebih dahulu melihat dan melakukan kajian yang matang terhadap tingkat kebutuhan masyarakat sehingga hasil produksi tidak terjual ke luar daerah. Hal itu penting agar pengembangan potensi SDA benar-benar memberi manfaat yang besar bagi masyarakat. (AA/BMW-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here