Masterplan Sumalata Water Park, Wabup : ini Implementasi Visi Misi Gorut

653
0

GORUT CERIA (barometernewsgo.com)- Desa Deme I, Desa Deme II dan Desa Buladu Kecamatan Sumalata yang dicanangkan menjadi desa wisata Kabupaten Gorontalo Utara benar-benar bakal terwujud.

 Agenda yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di media centre Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Gorontalo Utara tersebut, ialah penyampaian laporan pendahuluan terkait soal penyusunan Masterplan Sumalata Water Park. Senin (16/09/2019).

Apalagi Wakil Bupati Gorontalo Uatara Tahriq Modanggu saat menghadiri kegiatan tersebut menyampaikan bahwa ini merupakan langkah awal dari implementasi visi dan misi Gorontalo Utara 2018-2023 soal Sumalata Water Park. Sehingga agenda ini menjadi sangat penting sebagai wadah diskusi pendahuluan, guna untuk memberi masukan kepada tim Penyusun yang telah di tunjuk oleh Pemerintah Daerah

Dimana menurut Wabup Tahriq Modanggu, Master Plan ini berfungsi guna pengembangan segala potensi kawasan kedalam satu sistem yakni Sumalata Water Park. “Harus ada konektifitas misalnya antara pulau Dionumo dengan beberapa kolam alam yang ada di desa Bulontio dan potensi wisata yang sementara dikembangkan di desa Buluwatu. Demikian juga dengan beberapa situs dan artefak sejarah yang bisa ditemukan di desa Buladu seperti, terowongan pertambangan emas milik Belanda, makam kuno, dan artefak bejana raksasa milik Belanda, yang kesemuanya harus dipadukan dalam kawasan Sumalata Water Park yang langkah eksekusinya pasti melalui sebuah perencanaan yang tersistematik,” ungkap Wabup.

 “Untuk itu di Sumalata ada kolam alam, pengembangan wisata di desa Buluwatu, keberadaan pulau dionumo, agenda pariwisata di selat dionumo dan laut sekitarnya, harus di koneksikan dalam satu kawasan sumalata water park, dan ini butuh perencanaan,” jelas Wabup

Oleh karena itu Thariq Modanggu mengatakan dalam sistem perencanaan tersebut akan terlihat skema program dan skema anggaran yang tertata rapi, mana bagian skema Nasional, Provinsi, Kabupaten dan juga Desa.

“Kami berharap dalam perencanaan harus mengakomodir program Nasional, program Provinsi, program Kabupaten dan juga desa, terutama dalam skema anggaran,” pungkasnya.

Turut hadir dari pertemuan tersebut,  diantaranya BAPPEDA Gorontalo Utara, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Gorontalo utara, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Camat Sumalata Timur, Kades Deme I, Kades Deme II, dan Kades Buladu, serta instansi lainnya.(MM/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here