Lima Warga Desa Dambalo Reaktif Rapid Test

7065
0

GORUT (barometernewsgo.com)-Masyarakat Desa Dambalo digemparkan dengan kedatangan seorang warga bernama Siwan Delagu yang baru kembali dari Manado (Sulut) pada Minggu 17 Mei 2020 lalu.

Siwan secara diam-diam menyelinap ke Atinggola perbatasan dan akhirnya lolos sampai ke Paguyaman tepatnya Desa Wonosari dan selang dua hari sebelum lebaran masuk ke Desa Dambalo Kecamatan Tomilito.

Kabar ini bermula dari informasi warga Desa Dambalo Abdulah Bane yang saat itu sedang bersilaturahmi ke kediaman Sekretaris Dinas PUPR Gorut Rizal Modanggu.

Setelah mendengar laporan Abdulah, Rizal lantas menghubungi tim gugus tugas untuk segera ke lokasi dan mengecek kebenaran laporan Abdulah.

Tepat pukul 20.00 petugas kesehatan, media, aparat Desa Dambalo, dan tim dari Kesbang tiba dan segera melakukan pemeriksaan tertutup.

Seluruh penghuni rumah diperiksa oleh petugas Covid-19 dari Tim Gugus Tugas dan hasilnya seluruh penghuni rumah itu reaktif Rapid Test.

“Hasilnya reaktif Rapid Test. Sebagai pemerintah desa saya memerintahkan seluruh penghuni rumah dalam waktu 14 hari harus berdiam diri di rumah sambil menunggu hasil tiga hari usai diperiksa, hanya 5 orang dewasa yang baru di periksa dan hasilnya reaktif besok anak-anak yang tidak sempat diperiksa akan dibawa ke Puskes Dambalo untuk tindak lanjut pemeriksaan,” tutur Kades Dambalo Haris Tuina di lokasi, Senin (25/5).

Kades Tuina meminta agar seluruh penghuni rumah warga yang reaktif Rapid Test untuk tidak keluar rumah terlebih dahulu.

“Malam ini kami akan awasi mereka, dan kami telah menegaskan jangan keluar rumah, untuk makanan dan lain lain malam ini pula akan kami bahas solusinya,” tutup Kades Haris Tuina.

Pewarta: Miton Modanggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here